Home  /   Bisnis  /   Peran Mental Dalam Dunia Bisnis

Peran Mental Dalam Dunia Bisnis

Mentalitas adalah hal dasar yang harus diperhatikan dalam dunia bisnis. Peran mental disini sangatlah penting karena mental adalah peran dasar atau pondasi yang perlu dibangun agar dalam berbisnis/usaha kita dapat melalui liku-liku perjalanan usaha dengan pantang menyerah dan tangguh.

Mental yang dimaksud disini adalah perilaku atau sikap yang kita tanamkan ke kehidupan kita dalam berbisnis/usaha. Jika diri Anda sudah yakin akan berkecimpung didunia usaha mental juga harus dibangun dari mental optimis, pantang menyerah, pejuang , mau belajar, tekun dll.

Tanpa mental yang dibangun Anda tidak akan bisa memiliki jiwa usaha yang sebenarnya, karena untuk menjalankan sebuah bisnis/usaha dibutuhkan mental yang kuat, mental yang mau belajar dengan keras, karna mental ini dibutuhkan ketika merintis usaha yang Anda dirikan, ada sebagian orang yang mulai merintis usaha dan dia gagal ditahap pertama lalu takut  berwirausaha lagi karena takut rugi, atau merasa tidak berbakat, sikap seperti itu adalah termasuk bagian dari sebuah mental, mental yang bersifat negatif. Pesimis,takut gagal dll, dan tidak punya keyakinan bahwa sebenarnya dirinya mampu.

Maka dari itu jika mental kita tidak kuat berkecimpung dalam bisnis/usaha maka hasilnya seperti diatas, tapi jika mental kita kuat maka kita akan berdiri dipuncak setelah melalui banyak kegagalan tinggal bagaimana sikap kita dalam meraihnya. Sebenarnya kegagalan itu sendiri adalah sebuah proses yang memang harus dilalui, dengan tujuan pembelajaran bagi pelaku bisnis/usaha. Memang mahal harganya, terkadang harus mengalami kegagalan yang besar, tentunya hikmah atau pelajaran yang didapat juga besar, nah proses belajar dari alam itulah yang mahal yang harus kita bayar. Karena ilmu semacam itu tidak bisa diapatkan didunia akademis.

Berbisnis memang tidak mudah, tapi jika kita menjalani dengan senang dan sudah cinta dalam bisnis yang kita jalani maka semua akan terlihat mudah, karena secara tidak langsung jika mental kita menyukai bisnis tersebut maka akan berpengaruh pada sikap sikap mental yang kita ambil jika menemui masalah yang sedang dihadapi.

Cintai juga setiap apa yang anda lakukan dalam bisnis selama itu tidak merugikan orang lain, kuasai benar ilmu dibidang bisnis yang Anda geluti jika belum banyak tahu, sikap mental Anda adalah dengan mencari tau dan belajar pada buku, dari internet atau orang-orang yang sudah ahli dibidang yang Anda geluti.

Jangan pernah menanamkan mental penakut jika diri Anda masih awal dalam memulai bisnis, karena itu sangat menghambat perkembangan Anda kedepannya, jika anda baru memulai sebuah binis, proses itu adalah proses dimana harus banyak belajar proses harus melewati banyak kegagalan untuk mendapat pelajaran,setelah di rasa mungkin cukup bekal ilmu Anda. Kembangkan dengan menggunakan strategi-strategi.

Darimana kita mendapatkan strategi tersebut? tentunya dari pengalaman liku-liku yang sudah dijalani oleh diri anda, jika sudah melalui banyak tahap proses masalah yang ada dibisnis Anda, dengan sendirinya Anda akan kreatif menciptakan strategi-strategi dalam usaha, kuncinya hanya membangun mental yang kuat,mental pantang menyerah,mental mau belajar keras .

Jangan pernah berhenti melakukan sesuatu yang Anda inginkan yang disebabkan oleh rasa menyerah pada diri Anda. Anda hanya boleh berhenti jika Tuhan yang menghentikan, bukan diri Anda. Prinsip itu harus dipegang agar mental pantang menyerah ada dalam diri Anda.

Semoga ulasan tentang mental ini bisa membukakan pengetahuan Anda tentang dunia bisnis. Dan bisa bermanfaat bagi Anda untuk menyiapkan lebih kuat mental pada diri Anda. Perlu dipersiapkan lebih matang jika kita memulai merintis usaha, persiapan mental dan pengetahuan itulah hal yang paling penting agar dalam menjalani usaha kita berjalan lebih terarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *